BEBERAPA TIPS UNTUK MENUJU KEKHUSYUKAN SHOLAT

Entah kenapa semalam tak sengaja ni ketemu beberapa buku bagus di perpustakan kampus, Tentang KeKhusyukan sholat. Wah, kebetulan ni lagi ada kebimbangan ku selama ini, yaitu ” sudah betulkah ibadah wajib yang kukerjakan bertahun – tahun seumur hidupku ini “. Ternyata eh ternyata,terjawab sudah keluh bimbang kesal sedih ku. Sholat yang kukerjakan selama ini belumlah sempurna, karna sesungguhnya kekhusyukan lah yang paling utama dalam mengerjakan semua ibadah kita selama ini. Agak tergoyah sih jiwa setelah tahu bahwa ternyata ibadah yang selama ini dikerjakan belum sempurna. Tapi Allah Maha Pengasih,Maha penyayang dan Maha Pengampun bagi hambanya yang belum mengetahui.

Nah ini dia beberapa tips meningkatkan kekhusyukan solat yang aku dapat dari buku – buku yang kubaca :

1. Sempurnakan Wudhu

Ya,karna wudhulah hal pertama yang harus kita lakukan sebelum melaksanakan ibadah. Dengan kesempurnaan wudhu,hati kita,jiwa maupun raga kita akan bersih. Bahkan ada kisah dari para sahabat Rasullullah saw,bahwa para sahabat ketika mengambil wudhu wajah mereka berubah menjadi kuning,raut wajah mereka menjadi cerah,sebab mereka berniat menghadap kepada Allah SWT, sungguh manusia yang beriman dan berpikir,akan tunduk jiwanya bila berhadapan kepada Allah,karna merasa tidak ada apa – apanya diri ini dihadapan Allah SWT.

2. Berlindunglah kepada Allah sebelum memulai sholat

Karna sesungguhnya setan akan selalu mengganggu manusia meskipun dalam keadaan sholat. Rasullullah berkata bahwa setan bernama Khasban akan menggoda hati orang yang beriman dan dalam keadaan khusyuk. Dia akan menggoda hati manusia dengan bayangan dunia dan kesenangannnya,seperti keluarga dan urusan dunia lainnya. Dan inilah tips dari Rasullullah,sebelum memulai sholat bcalah kalimat ‘audzubillahiminasyathonirrrajim bismillahirrahmannirahim lalu meludah sebanyak 3 kali kesebelah kiri.

3. Bertakbirlah dengan penuh ketawakalan

Dengan begitu,kita dapat merasakan betapa kecilnya kita dihadapan Allah

4. Bacalah bacaan dengan pelan,pahami,dan resapi maknanya

Inilah suatu cara untuk memahami dan memaknai firman Allah. Dengan cara ini pula kita dapat membuka hati kita,sehingga kita semakin tawakal dan takut kepada Allah. Bahkan Rasullullah dan para sahabatnya selalu mengulang ayat-ayat yang mengandung makna lebih.

5. Lakukan setiap gerakan sholat dengan thuma’ninah

Ya,Rasullullah berkata biarkanlah tubuh bergerak secara perlahan-lahan,karna dengan ini kita dapat meresapi setiap langkah-langkah kita beribadah kepada Allah SWT, apalagi ketika kita sujud didalamnya kita benar-benar bisa meresapi dan menunduk kepada Allah,dengan semua ketakutan dan ketawakalan,dengan semua permohonan tentang dosa yang kita lakukan selama ini,disinilah kita bisa benar-benar memhon ampun kepada Allah.

6. Ingatlah tentang mati

Lakukanlah sholat itu seperti itu seakan-akan sholat terakhir yang akan kita lakukan didunia ini. Dengan begitu kita bisa menyempurnakan sholat kita karan kita akan segera menghadap Allah SWT.

7. Jauhkan semua hal yang akan menggangu kekhusyukan sholat kita

Jauhkan pikiran kita dari kelurga,teman,masalah hidup,dan semua hal tentang dunia. Jadikan sholat itu hanya untuk Allah dan tak ada yang lain selain Allah. Jauhkan juga apapun hal yang dapat menggangu,seperti suara bising atau apapun itu,dan jangan menutup mata ketika sholat,karna Rasullullah selalu membuka matanya ketika melaksanakan sholat.

8. Berzikirlah

Berzikirlah seakan-akan kita sudah melakukan dosa paling besar,lakukan dengan khidmat bahkan hingga mengucurkan air mata karna mengingat dosa yang kita lakukan dan kita memohon ampunan kepada Allah,

Inilah beberapa tips dari buku yang kubaca,semoga kita semua bisa menyempurnakan ibadah kita dan mendapat Ridho dari Allah SWT. Amin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s