MOS……………. MENDIDIK ATAU MENYIKSA ?

salah satu kegiatan MOS

salah satu kegiatan MOS

Siapa sih yang tak kenal kegiatan yang satu ini. Tentu para murid baru sekolah menengah dan para mahasiswa baru pernah merasakan kegiatan yang dibilang sebagai ajang perkenalan buat para calon pelajar baru terhadap lingkungan tempat pendidikannya. Tapi apakah sih manfaat kegiatan ini. Atau malah gak bermanfaat. Nih dia beberapa pendapat dari para mereka yang pernah merasakan MOS.

Salah satunya teman kita ini. Sebut saja namanya Anggrek ( kayak korban aja pake acara di samarkan namanya : ) ). Menurut Anggrek sih, MOS ini berguna banget. Apalagi bagi dia yang baru pertama kali berkenalan dengan namanya dunia SMA. Emang dikenalin apa aja sih disana?. Hm, katanya si Anggrek nih dia jadi bisa kenal ama kegiatan sekolah ( ya iyalah, masak sekolah yang dikenal kegiatan dapur ). Terus juga bisa kenal teman baru ma pacar baru juga ( astaga! Ini anak niatnya sekolah ato cari pacar sih).

Ya, pendapat Bunga, eh maksud saya Anggrek ini bisalah diterima buat orang yang niatnya bukan sekolah tapi kesempatan buat cari pacar. Tapi pendapat Anggrek berseberangan banget dengan pendapat teman kita yang satu ini. Sebut saja dia Dude ( bah, cam nama artis aja dia ). Menurut si Dude nih, MOS itu gak mendidik banget. Emang sih bisa mendidik, tapi mendidik ala militer. Kita mahasiswa bung, bukan bahan olokan ( cie, yang dah jadi mahasiswa ni ye ). Tapi emang ada benarnya kata si Dude ini. Memang ada bukti bahwa sebagian MOS yang diadakan di seluruh tempat mencari ilmu di Negara kita, adalah sebagai ajang balas dendam senior terhadap seniornya dahulu. Tetapi dengan perantara junior baru ( kayak dukun aja pake perantara ). Jadinya nih si junior yang tidak tahu dan salah apa – apa kena imbasnya. Ada yang dipermalukanlah, di main – mainin ( kayak bola kale ), bahkan sampe disiksa dan merenggang nyawa. Dan kejadian pun berulang, si junior yang tak bisa melampiaskan dendamnya kepada si senior yang keburu tamat dan gak mungin di ospek ulang, akhirnya mengulang siksaan buat si junior di bawah mereka. Ckckckc, sungguh menakutkan.

Tapi, ada atau tidaknya manfaat MOS ini, kita – kita sendirilah yang bisa mengambil kesimpulan sendiri. Mungkin ada yang beruntung kayak si Anggrek, atau malah sesial si Dude. Ya, DL ( derita loe lah, hehe.. pis ).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s