MASYARAKAT INDONESIA DALAM PERKEMBANGAN PANCASILA

 

Pancasila tidak hanya ada sebagai sebuah ideologi negara Indonesia, namun Pancasila juga tidak lepas dari identitas Indonesia itu sendiri. Sebagai sebuah ideologi, Pancasila merupakan acuan dan pokok penting dalam menjalankan negara. Nilai – nilai yang terkandung di dalam setiap dasar – dasarnya menjadi sebuah paradigma di dalam kehidupan negara ini. Undang – undang, penerapan hak dan kewajiban, sampai kepada pemilihan kepala pemerintahan pun semua harus terdapat nilai – nilai Pancasila di dalamnya. Tetapi, terkadang tidak semua kalangan masyarakat dapat memahami, mengerti, dan menerapkan apa yang dimaksud oleh arti Pancasila itu sendiri.

Masyarakat terkadang melupakan atau bahkan mengacuhkan arti Pancasila itu sendiri. Pancasila hanya dianggap sebagai dasar negara saja, tidak sebagai sebuah ideologi. Padahal Pancasila itu sangat memiliki peran besar dalam jalannya negara Indonesia ini. Pancasila tidak terbentuk dengan sendirinya. Butuh proses yang sangat panjang hingga akhirnya sampai pada bentuknya saat ini.

Dasar – dasarnya bukanlah sebuah hal yang didapat dan disusun secara kebetulan saja, namun membutuhkan pemikir – pemikir dan tokoh besar untuk menyusunnya. Nilai – nilainya pun sudah ada tercantum dan terlaksanakan sejak zaman negara ini belum menjadi sebuah negara.

Seiring berjalannya waktu, Pancasila juga mengalami perkembangan. Namun hanya dari segi nilai dan penerapan saja. Dasar – dasarnya tetap utuh dan tidak dapat diubah, karna merupakan pondasi dari negara Indonesia ini. Di dalam perkembangannya, masyarakt Indonesia juga mengalami perubahan. Namun  masih banyak terjadi pelanggaran terhadap nilai – nilai Pancasila, seperti halnya adanya perselisihan antar umat beragama. Mengacu pada sila Pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, dan sila Ketiga yaitu Persatuan Indonesia, banyak sekali kalangan masyarakat Indonesia memiliki paham – paham yang saling berselisih akhir – akhir ini. Seperti halnya sebuah kelompok yang membentuk sebuah sekte yang memiliki paham yang sangat bertentangan dengan sekte lain tapi dalam bentuk yang sama. Hal ini menyebabkan penolakan besar – besaran dan perseturuan yang dapat menimbulkan terjadinya saling mengintimidasi antar kelompok masyarakat.

Kurangnya keefektifan hukum di negara ini juga kurangnya sosialisasi pemerintah terhadap masyarakat adalah faktor utama dalam masalah yang terjadi dikalangan masyarakat akhir – akhir ini. Mengacu pada sila Keempat yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dan kebijaksanaan dalam permusyawaratan peradilan, harusnya setiap masalah yang ada di negara ini dapat terselesaikan dengan melalui musyawarah dan kebijaksanaan pikiran setiap masyarakat. Namun terlihat sekali masyarakat masih mengabaikan nilai – nilai Pancasila tersebut.

Perkembangan Pancasila dewasa ini belum sepenuhnya diikuti oleh masyarakat. Kesejahteraan menjadi faktor penentu jalannya nilai –  nilai Pancasila di dalam masyarakat. Masyarakat yang sejahtera cendurung dapat berpikir secara bijak. Berbeda bila keadaan masyarakat itu tidak sejahtera. Keadaan masyarakat yang tidak sejahtera memiliki berbagai macam kendala di dalam kehidupannya, sehingga sulit baginya untuk mencerna nilai – nilai Pancasila.

Karna itulah, seharusnya agar masyarakat dapat mengikuti perkembangan Pancasila, Pemerintah benar – benar mengutamakan kesejahteraan rakyat dalam pelaksanaan negara, bukan memperbaiki keadaan infrastruktur pemerintahan.

Negara Indonesia tidak dapat berdiri bila tidak ada rakyat di dalamnya. Dan Indonesia tidak dapat terjalani bila Pancasila sebagai dasar negaranya tidak di terapkan di dalam masyarakatnya.

4 thoughts on “MASYARAKAT INDONESIA DALAM PERKEMBANGAN PANCASILA

  1. Pingback: Merapuhnya Pilar Bangsa | Masih Hangat

  2. Pingback: Arief Rachman: Pancasila Tidak Dihilangkan | Masih Hangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s