MENEMUKAN BAKAT ALAMI DIRI

Tidak semua orang menyadari bakat alami yang dimilikinya. Bahkan ada seseorang dari lahir sampai tua pun tetap tidak dapat menemukannya. Sampai ketika ia menyadari hal itu, malah penyesalan yang muncul.

Lalu, apakah setiap orang memiliki bakat?

Ya, setiap orang di dunia ini memiliki kemampuan dan bakatnya masing – masing. Hanya terkadang ia tidak menyadari bahwa ia memiliki bakat itu. Ada kasus dimana seorang pekerja yang baru menyadari bahwa ia salah dalam mengambil pekerjaan yang digelutinya selama hidupnya. Kesadaran itu pun timbul ketika dia sudah terlanjur memilih pekerjaan itu. Ia menyadari bahwa setiap kesalahan yang ditimpalkan bosnya padanya dikarenakan ia tidak memiliki kemampuan pada pekerjaan itu.

Lalu bagaimana caranya menemukan bakat alami itu?

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui bakat kita.

Pertama, Ketahui karakter diri kita. Dengan mengetahui karakter diri, kita dapat mengetahui sampai mana kemampuan kita.

Kedua, Temukan hal yang kita senangi. Seperti melakukan hobi dan sebagainya.

Ketiga, Jangan takut mencoba hal yang baru. Hilangkan rasa minder dan takut, karna hal itu dapat membuat kita menjadi lemah. Seperti kasus pekerja di atas tadi, mungkin saja dengan belajar dan berusaha ia dapat menemukan bakatnya pada pekerjaan itu.

Keempat, Kreatif. Mulailah melakukan sesuatu hal yang biasa dilakukan dengan cara yang tidak biasa. Seperti membuat sendiri tempat pensil daripada membelinya.

Kelima, Saling berbagi dan terima masukan. Bertanyalah pada teman atau keluarga mengenai diri anda. Dengan begitu anda akan mengetahui bagaimana diri anda di mata orang lain, dan terimalah masukan dan kritik yang ada dengan lapang dada dan perubahan.

Semoga tips di atas bermanfaat……

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s