BERUSAHA UNTUK MENJADI YANG TERBAIK

Udah lama gak nulis nih. Hm, kali ini saya akan berbagi cerita kepada teman – teman pembaca tentang liburan saya. Ya, mungkin liburan saya tidaklah seindah liburan yang diinginkan setiap orang. Seperti menghabiskan masa liburan dengan jalan – jalan keluar kota ataupun keluar negeri, berpiknik bersama orang tersayang, dan semua hal yang menjadi liburan impian semua orang terutama saya juga.

Namun masa liburan yang saya alami kali ini benar –  benar sangat berbeda dari liburan sebelumnya.

Hari kedua liburan adalah hari dimana saya akan pulang ke rumah orang tua saya. Maklumlah gak punya uang, jadinya terpaksa nyetop bus di pinggir jalan (kalau ada duit baru pake tiket, hehe). Setelah nunggu berjam- jam, akhirnya dapat juga bis yang menuju kampungku. Setelah negoisasi berjam – jam ( lebay kali ya ), akhirnya dapat juga harga yang pas buat ongkosnya. Setelah pamitan sama para keluarga dan tetangga yang mengantar kepergianku ( kekampung loh, bukan ke Haribaan Nya ) akhirnya saya masuk kedalam bus. Namun, apa emang nasib saya yang lagi apes ato kernetnya yang bohongin saya, saya malah tidak dapat tempat untuk duduk. Apalagi para penumpang disana nampak kurang bersahabat pada saya, pasalnya mereka malah menyuruh saya untuk turun. Ya sudah, saya tidak mau ambil pusing mikirin mereka dan menuruti permintaan mereka. Akhirnya saya menuju ke ruangan belakang dekat wc bus ( Busnya versi eksekutif loh,, sombong dikit ). Ternyata ada bangku disana. Walaupun sempit namun lumayan bisa untuk tempat duduk saya.

Malam di bus saya lewati dengan sakit punggung dan kaki. Ternyata baru saya ketahui tempat itu adalah tempat beristirahatnya kernet bus. Ya apa boleh buatlah, malam itu saya harus bersabar hingga ada penumpang yang turun. Ketika tiba waktunya makan, saya pun menyempatkan diri untuk mencari makanan. Saya membeli soto ayam pada saat itu. Disitu saya berkenalan dengan seorang ibuk – ibuk. Dia seorang ibu yang baik menurut saya, pasalnya ibu itu memberi makanannya kepada saya dengan alasan tidak habis (waktu itu saya lapar banget, makanya langsung terima dengan sedikit malu – malu kucing tentunya). Lalu kami pun sedikit berbincang. Dan pada saat membayar makanan, saya sempat dikejutkan dengan harga soto yang ternyata 2 kali lipat harganya dibanding dengan soto yang dijual didepan rumah saya. Apa boleh buat  demi perut, dompet saya pun rela berkorban. Sungguh pengorbanan yang indah.

Dan perjalanan pun dilanjutkan. Selama perjalanan saya hanya bisa tidur sambil mempertahankan posisi agar tidak terjatuh. Pagi harinya, waktu itu masih setengah perjalanan, saya terbangun dengan suara seseorang. Ternyata kernet bus itu yang memanggil saya. Dia ingin saya membantunya mengangkat barang milik penumpang lain. Awalnya saya berpikir untuk menolaknya ( soalnya karena dia saya gak dapat tempat duduk ), namun saya berpikir lebih baik saya bantu saja dia dan melupakan hal yang kemaren. Ternyata berat sekali barang yang kami angkat. Pasalnya barang itu isinya hampir 70 KG beratnya. Mak!! bisa turun nih tinggi saya. Namun daripada menggerutu lebih baik saya lanjutkan saja.

Akhirnya selesai juga ngangkat tu barang. Saya pun bisa duduk dengan tenang kembali. ” Nih Mas, minum. Makasih ya buat bantuannya “. Wah, ternyata kernet tadi menawarkan saya minuman. Baik juga saya pikir. ( Meskipun dalam pikiran saya ada memikirkan kalau – kalau tu minuman udah dikasih racun, namun karna haus dan gak mau suuzon, saya pun menyantapnya sambil baca Bismillah). Kami pun mengobrol sepanjang perjalanan itu. Ternyata selama ini saya salah kaprah soal kernet itu. Akhirnya sejak saat itu saya sadar bahwa seseorang itu tidak bisa dinilai dari keadaan luarnya. Kalau ingin mengenal seseorang kenali ia dengan seksama, jangan langsung memberi nilai.

Inilah pelajaran yang saya dapatkan selama perjalanan saya menuju kampung halaman. Semoga teman – teman juga dapat mengambil hikmah dari cerita ini.

Leave a Reply

