MENULIS, MENAMBAH PENGETAHUAN

Bila teman – teman punya ilmu yang lebih, apalagi ilmu itu sangat bermanfaat buat kehidupan. Apakah teman – teman hanya akan memendam ilmu itu buat diri sendiri ? atau akan dengan senang hati berbagi kepada orang lain ?
Nah, jawabannya ada dalam diri teman – teman. Bila hanya dipendam sendiri, maka teman – teman telah salah langkah dalam menguasai ilmu. Bila teman – teman ingin berbagi ilmu yang teman – teman kuasai kepada orang lain, itu adalah jalan yang terbaik. Karena ” Ilmu tidak akan bermanfaat bila tidak diaplikasikan dan tidak dibagi “.
 
Lalu bagaimana caranya agar ilmu itu dapat kita bagi dengan orang lain ?
Caranya gampang, cobalah untuk menulis. Ya, dengan menulis maka teman – teman dapat meningkatkan kinerja otak dalam mengingat dan mengembangkan ilmu yang teman – teman kuasai. Bayangkan bila ilmu itu dikuasai hanya dengan mempelajari, dan menghapalnya, itu baru 60% tersimpan di dalam otak. Itupun akan berkurang apabila ilmu itu tidak dipelajari kembali dan kendala karena faktor usia manusia. Oleh karena itu, agar benar – benar tersimpan dengan rasio hampir 100%, maka tulislah ilmu tersebut.
Banyak ilmuwan, sastrawan, dan pemuka agama yang berbagi ilmu yang mereka kuasai dengan cara menulis buku. Ini dikarenakan akan kesadaran mereka tentang ketidaksempurnaan manusia yang tidak abadi dan karena penyakit tua. Mungkin tidak bisa dibayangkan bila dulu khalifah Abu Bakar as Shiddiq .ra  tidak menyarankan agar dilakukan pelestarian teks – teks tertulis Al – Qur’an karena kesadaran beliau akan banyaknya para penghapal Al – Qur’an yang gugur dalam perang Ridda, mungkin Al – Qur’an akan memiliki perbedaan saat ini (Maha Suci Allah yang menjaga kesempurnaan Al-Qur’an).
Dan juga bila Sir Issac Newton tidak menulis bukunya “Philosopiae Naturalis Principia Mathematica”, mungkin sekarang kita tidak bakal mengetahui tentang hukum gravitasi dan juga tidak mengetahui hukum tentang adanya aksi=-reaksi.
Oleh karena itu, ayo mulailah saat ini untuk mencoba menulis ilmu yang teman – teman kuasai agar nantinya orang lain dapat mengetahuinya juga.
Apakah menulis itu sulit ? Tidak juga. Teman – teman dapat mulai mempelajarinya dengan mencoba untuk menulis rangkuman ilmu yang teman – teman pelajari. Dari situ, teman – teman bisa mencoba membaginya lewat mading. Teman – teman juga bisa membaginya lewat blog ataupun web forum seperti kaskus.
Nah, sudahkan teman – teman menulis saat ini ?

One thought on “MENULIS, MENAMBAH PENGETAHUAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s