ROBOT TIKUS PEMBERSIH WHITE BOARD

Ngasal dulu ya teman – teman…

Melihat dosen yang bolak – balik menghapus white board membuat saya tertantang untuk membuat suatu pemecahan masalah. Ide Robot Tikus Pembersih White board ini terlintas ketika saya mempelajari tentang robot line follower yang bekerja dengan mengikuti garis.
Harapan saya, kelak Indonesia bisa menjadi salah satu negara pengembang produk yang berbasis teknologi robot, diawali dengan robot tikus ini.

DESKRIPSINYA gini nih :

Robot ini memiliki ukuran dan berat yang mungil. Ukurannya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa, dan beratnya hanya 100gr.

Robot yang menyerupai tikus ini digerakkan dengan motor yang dikendalikan oleh mikrokontroler.

Telinganya berupa sensor, yang berfungsi menangkap sinyal perintah seperti hentakan pada whiteboard.

Dikepalanya di buat pula LED lamp dan Infrared yang berbentuk gigi tikus. Fungsinya adalah sebagai pembeda garis yang harus diikuti oleh robot.

Dibadan bawahnya, ditempelkan busa berukuran 5 cm, fungsinya sebagai penghapus.

Sebagai media penempel robot pada whiteboard, dipasang magnet pada bagian bawah robot dan belakang whiteboard.

*****Pic menyusul….******

Haha, tapi ni baru ide saya. Desainnya udah saya rancang, cuma belum sempat dibuat di corel draw. Ntar coba saya scan saja.

Kalau ada teman – teman yang berminat bantuin saya bikin nih robot, klik aja disini ;

http://donetwork.lenovo.com/id/project-detail_1863_ROBOT-TIKUS-PEMBERSIH-WHITE-BOARD.html

Mohon bantuannya, teman – teman semua. Apalagi buat yang ahli bikin robot nih..🙂

11 thoughts on “ROBOT TIKUS PEMBERSIH WHITE BOARD

    • Haha, soalnya setau saya cuma tikus yang larinya cepat.
      jadi lebih cocok berlari di whiteboard..
      tapi mantap masukannya bro..
      terimakasih atas kunjungannya…🙂

Leave a Reply

