SARJANA TEKNIK SIPIL, SI PENGUASA 5 ELEMEN

Assalammu’alaikum

Nah, buat para pembaca selain mahasiswa teknik sipil tentunya pasti pada bingung deh dengan judul postingan kali ini. Agak kontroversial sih kalau kata infotainment (loh). Kenapa sih dengan sarjana teknik sipil, kok sampai saya sebut si penguasa 5 elemen ? Oke langsung saja nih saya beberkan😀

                Pada jaman dahulu kala, belum ada namanya perkotaan. Semua masih diselimuti oleh hutan dan semak belukar. Tanpa disengaja orang – orang mulai menemukan teknik – teknik untuk menggarap hutan dan semak belukar tersebut, dan muncullah insinyur teknik sipil (oalah, ngasal…😀 ). Jadi si insinyur teknik sipil ini memegang peranan penting dari segala proyek pembangunan. Di bangunan, ada namanya ahli struktur yang tugasnya menentukan dan merancang struktur yang akan dipakai oleh sebuah bangunan agar bangunan tersebut dapat berdiri dengan kokoh. Sebelum dilakukan pembangunan, ada namanya ahli tanah, ini adalah sarjana teknik sipil jurusan Geoteknik. Tugas mereka adalah meneliti tanah lalu menentukan apakah tanah tersebut baik untuk mendirikan bangunan atau tidak. Lalu juga ada namanya ahli teknik air, nah mereka lah bertugas merancang drainase, bangunan irigasi dan segala hal yang berhubungan dengan bangunan air dan perpipaan.

Setelah itu ada juga ahli transportasi. Nah mereka inilah yang merancang sistem transportasi. Dari bentuk penampang jalan, jalur, pengaturan arus kendaraan, jenis kendaraan sampai hal seperti pembangunan infrastruktur jalan seperti fly over dan jalan tol. Lalu setelah itu ada juga si ahli manajemen konstruksi, yang tugasnya memanajemen seluruh proyek, dari perencanaan, perancangan, pembangunan sampai pemeliharaan.

                Nah, jadi ngertikan kenapa saya bilang sarjana teknik sipil itu seperti avatar penguasa 5 elemen, hehe

Hidup CIVIL !!!!

 

33 thoughts on “SARJANA TEKNIK SIPIL, SI PENGUASA 5 ELEMEN

  1. Realistis tulisannya. banyak mahasiswa yang mengira Teknik Sipil itu Gampang, karena bahasa di kampung saya kalo gampang bilangnya waah itu sih sipiiil… pakai mengacungkan kelingking. Setelah masuk Sipil semua terkecoh. Ternyata ga ada kuliah tanpa angka 0-9. Salam Sipil… Saya Elemen ke Empat. Waterresources Engineering.

    • bang Angga rupanya..
      wah, makasih bang dah singgah🙂
      amin bang, kan belajarnya dari abang yang dah duluan merasakan tantangan di Sipil.. hehe🙂

  2. walahhh kalau jadi arsitektur keren gak ya <– sama gak sama teknik sipil hehehehe

    dulu saya pernah punya cita cita jadi arsitek tapi gak kesampean nich🙂 d(^o^")

    • kalau arsitek lebih ke desain dan futuristik bangunannya mas..
      kalau t. sipil lebih ke perencanaan dan pembangunannya. Jadi kalau ada rancangan dari arsitek, itu harus disetujui dulu ama engineer sipilnya, biar bangunannya safety..

      wah, kalau gitu lanjut aja kuliahnya di arsitek mas, ntah S2 atau S3.. hehe

    • wah, nggak ngeri kan mbak..
      soalnya kalau di kampus saya, kelas teknik adalah kelas yang serem buat dimasukin oleh mahasiswa yang bukan teknik. maklum rata – rata di dominasi pria..🙂

    • makasih mas…
      wah, keren tu..
      ayo dipilih mau teknik apa, tek. sipil, kimia, elektro, industri, pertambangan, lingkungan, ayo mumpung susah kuliahnya.. hehe🙂

    • iya mas.. saya baru tahu setelah 2 tahun menjalani jadi mahasiswa teknik…
      kalo kata dosen saya, orang teknik itu adalah orang yang bisa merekayasa dan mengambil solusi dari suatu masalah…
      dan tu beda jauh dari saya.. hehe🙂

  3. wuihhh avatar jaman sekarang ni,,,

    ga mau kalah: dokter gigi itu lebih hebat dari diktator manapun,,,
    dengan satu kata dia bisa membuatnya membuka atau menutup mulutnya…

    berguna klo menghadapi pejabat yg banyak bicara
    hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s