STUDY EXCURSI KE BANDARA MEDAN BARU KUALA NAMU

                Pada Selasa yang lalu, tepatnya tanggal 6 Juni 2012 saya mengikuti kegiatan study excursi yang diadakan oleh Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil USU. Study excursi kali ini mengambil tempat di Mega proyek bandara Medan baru Kuala Namu (kebetulan baru kali itu saya ikut, karena sebelumnya belum sempat ikut karena beberapa faktor.. hehe (alasan)). Nah, teman- teman tahu Bandara Kuala Namu ??? Mungkin yang buka warga Sumut atau mahasiswa Teknik Sipil masih terdengar asing nih soal bandara.

                Hm, bandara Kuala Namu adalah bandara Internasional yang dibangun untuk menggantikan bandara Polonia yang sudah tidak layak. Alasan pertamanya adalah bandara Polonia berada di dalam kota Medan, yang didominasi gedung – gedung yang tinggi. Ini hampir sama seperti kasus bandara di Hongkong yang terletak di dalam kota juga, dan akhirnya dipindah di lokasi yang dulunya adalah pulau gunung (gunungnya diledakin loh buat mendapatkan lahan rata, serem).

                Bandara ini memiliki luas hampir 2,5 kali lipat bandara polonia yaitu seluas 1376 Ha, dan akan menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia setelah bandara Soekarno – Hatta. Bandara ini juga akan memiliki sistem bagasi otomatis sama seperti bandara Ngurah – Rai di Bali. Dan bangganya, bandara ini adalah salah satu bandara besar yang dibangun dan didisain oleh bangsa sendiri. Dananya juga dari negara (Hm, ni dapat koreksi dari seorang pembaca. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin juga di rancang oleh bangsa sendiri. Nah kita sebagai bangsa sendiri patut bangga dong..:) ). Bandara ini dikerjakan dengan kerjasama pemerintah dengan PT. Angkasa Pura II.

                Nih beberapa foto dokumentasinya :

Maket bandara

suasana diskusi

narsis dikit🙂

Kontraktor mengarahkan mahasiswa

Zona hijau di sekitar bandara

Suasana di terminal bandara

Bentuk struktur bandara. Kata kontraktornya sih mirip kelapa sawit. iyakah ?

Peringatan K3 bagi para pekerja

tampak luar terminal bandara

Suasana runway bandara

Tampak luar bandara

Nah, saat ini bandara Kuala Namu sudah memasuki tahap penyelesaian 83%, dan akan bisa di operasionalkan pada triwulan 2013 nanti. Bandara ini juga memiliki konsep Green, karena di areal bandara kan ditanami tanaman hijau khusus yang tidak mengundang burung – burung (bayangkan, burung adalah musuh utama pesawat loh..). Nah, untuk transportasinya sendiri bandara ini punya 4 akses, yaitu jalan non-tol, jalan kereta api, jalan operasional dan jalan tol yang akan menuju bandara langsung.

Mungkin itu saja sekilas tentang study excursi saya. Nah untuk teman – teman yang ngebet pingin tahu lebih jelas tentang bandara ini, silahkan kunjungi saja blog saya yang khusus mengulas hal ini di http://rezaslash.blogspot.com

6 thoughts on “STUDY EXCURSI KE BANDARA MEDAN BARU KUALA NAMU

  1. Koreksi.
    Bandara pertama di Indo yang merupakan hasil karya anak bangsa adalah Sultan Hasanuddin International Airpot.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s