ANTARA SISWA DAN MAHASISWA

Wah gak nyangka nih, udah tahun ketiga saya jadi mahasiswa. Serasa baru kemarin saya masuk SMA (waktu jaman saya masih amit – amit, pas mahasiswa lebih amit – amit lagi.. hehe )

Kalau diperhatikan baik – baik ternyata saya baru sadar (soalnya habis ditimpuk bata ama ibuk kos, pas lagi nanya uang kosnya bisa dibayar pas saya sudah nikah. Hm, Aneh tu si ibuk, ampe marah gitu. Apa karna cemburu ya :P) banyak loh yang berubah dari saya. Dari semasa masih SD, SMP, SMA ampe Mahasiswa terus nikah (wah, yang satu ini belum. Tapi mudah – mudahan secepatnya🙂 ).

Biar lebih gampangnya mungkin saya listkan aja deh (kayak daftar belanjaan)

SD

– Hidup penuh kebahagiaan, hanya main – main dan bermain

– Belum memikirkan masa depan, pokoknya main – main adalah hal utama (masa kecil bahagia)

– Ibadah, yah bisa dibilang lumayan, walau jarang ngaji (soalnya kalau pergi ngaji saya sering minggat karena diajak teman main gambaran. Maklum masih anak – anak)

– Prestasi juara 4 berturut- turut denga diselingi juara 2 sekali.

– Hobi : main gambaran, main kelereng, ngambil rambutan atau mangga, mandi – mandi di sungai atau di got pas hujan, beli jajanan apa aja yang rasanya unik dan lucu, nonton kartun

SMP

– Mulai memikirkan belajar, dengan porsi main – main masih 89%

– Mulai pacaran (aseh)

– Bandel (waktu SMP saya bandel banget, walaupun banyak yang gak tahu. Suka berantem, malakin orang, tapi Alhamdulillah gak nyoba rokok, miras dan narkoba dan terjaga sampai saat ini🙂.. Thanks Allah, You always protect me )

– Prestasi lumayan sih juara 10 besar🙂 dan juara umum lomba melukis

– Mulai memperhatikan penampilan

– Hobi : mulai mengenal musik dan band, main gitar, melukis, baca komik, gantungan di angkot trus bolak – balik

SMA

– Mulai belajar dengan taraf main – main menjadi 30 %

– Pacaran lagi (ntah dah pacar yang kesekian kali saya dapat)

– Kelas 1 masih bandel

– Kelas 2 dan 3 mulai agak bertobat

– Prestasi, masuk kelas IPA (ampe gak nyangka saya), dan dapat 10 besar.

– Mulai memikirkan cita – cita (waktu SMA saya punya cita – cita jadi Astronot, walaupun gak kesampean pas jadi mahasiswa)

– Pakaian masih keren – keren. Maklum masih puber

– Hobi : Main band (disini saya mulai menunjukkan sedikit keahlian main musik. Sempat jadi bassist lalu lebih suka jadi gitaris. Sering manggung keliling jambi. Masa yang indah sampai akhirnya saya memutuskan berhenti ngeband karena akan menghadapi UAN..😦 kangen ngeband lagi). terus hobi desain grafis seperti  photoshop, corel draw, lalu menulis, bikin software sederhana.

KULIAH

– Kebahagiaan menurun drastis (ternyata kuliah itu gak segampang yang saya bayangkan dan pikirkan)

– Mulai dapat hidayah (mungkin itu namanya pendewasaan diri. Sejak ikut dan gabung dengan organisasi muslim, ikut halaqoh, kegiatan dakwah kampus, saya mulai sedikit demi sedikit meninggalkan kebiasaan jahiliyah saya di masa lalu. Seperti hobi berantem, pacaran (saat itu saya memutuskan pacar saya dan mulai komitmen untuk tidak akan berpacaran lagi, jadi kalau ketemu cinta lebih baik ta’aruf, mapan langsung nikah… Kasihan si cewek, sedih, tapi kini ia sudah menjadi seorang yang tegar🙂 ). Ibadah mulai diperbaiki, yah walau gak sepenuhnya berubah, tapi perubahan itu butuh proses.

– Sudah mulai punya target di masa depan

– Jadi aktivis kampus (sempat ditawarkan menjadi murabbi, tapi saya tolak karena merasa masih banyak kekurangan (tapi setelah itu baru sadar, manfaat jadi murabbi tentunya saya bisa lebih memperbaiki diri))

– Penampilan, karena faktor – faktor diatas saya agak kurang memperhatikan penampilan nih. Cuma suka pake kaos ama celana jins dan sepatu skets. kalau istilah dikampus saya modis anak teknik.. hehe

Prestasi : sempat dipilih jadi ketua panitia di beberapa kegiatan di kampus. kalau IP, wah sedih saya tidak bisa berkata – kata.. hehe (selengkapnya lihat curahatan saya di blog Catatan seorang Engineer

Cita – cita : Pas mahasiswa cita – cita saya menjadi lebih terdefinisi. Menjadi seorang engineer yang mengukir namanya pada pembangunan bangsa. hehe

Hobi : desain grafis, menulis, jadi aktivis, ikut organisasi, baca buku motivasi, islam, inovasi.

Yup, mungkin itu saja perubahan yang saat ini bisa saya sadari, selebihnya masih belum sih, mungkin ntar kalau ditimpuk ama bata yang lebih besar.. hehe

Sekian

One thought on “ANTARA SISWA DAN MAHASISWA

  1. kak, kuliah itu gimana sih? kebanyakan orang yg saya tanya menjawab “kuliah itu nggak sedisipliin SMA, lebih bebas daripada SMA blablabla… “. Disisi lain, saya baca2 curhatan para mahasiswa sebagian besar bilang kalo kuliah itu harus bener2 fokus. Ditambah lagi dengan berbagai macam karakter dosen yg bikin mahasiswanya sendiri harus nurut dan rajin ngerjain tugas (kalo gitu lebih parah dari siswa SMA dong). thanks kak..

Leave a Reply

