[MUHASABAH] JANGAN PERNAH BERHENTI BERDOA DAN BERHARAP

Hai sobat Rezaslash, ada beberapa cerita nih yang saya dapat dari sebuah fanpage. Ceritanya mengenai sesuatu yang biasa kita sebut harapan. Mungkin untuk lebih jelasnya, langsung saja kita baca cerita berikut :

  1. Di sebuah daerah yang sedang dilanda kekeringan, berkumpullah para penduduk untuk mendiskusikan bagaimana cara mengatasi kekeringan yang sedang melanda daerah mereka. Lalu di putuskanlah, bahwa esok hari mereka akan berkumpul di lapangan untuk melaksanakan ibadah memohon agar Tuhan menurunkan hujan di daerah mereka. Ternyata esok harinya ketika para penduduk berkumpul, ada seorang anak kecil yang datang membawa payung dan memakai seragam sekolah. Penduduk lalu heran dengan yang dilakukannya, dan akhirnya bertanya pada anak tersebut, “Kenapa kau membawa payung nak, sekarang sedang tidak hujan dan desa kita sudah lama dilanda kekeringan. Kita di sini untuk berdoa agar Tuhan mau menurunkan hujan untuk kita, payungmu tidak akan berguna ?”, tanya mereka. Lalu sang anak menjawab, “Aku percaya Tuhan akan mengabulkan doa kita dan akan segera menurunkan hujan. Karena itu aku membawa payung, agar aku tidak basah kuyup dan bisa pergi ke sekolah”.

2. Di setiap malam, ketika hendak tidur kita selalu memanjatkan doa pada Tuhan dan menyetel jam weker agar kita terbangun esok pagi untuk beribadah dan melakukan aktifitas pagi. Padahal kita tak memiliki jaminan atau asuransi yang dapat di gunakan apabila kita tidak terbangun lagi. Itulah harapan, walaupun kita tak punya jaminan kita akan terbangun, kita selalu berharap Tuhan memberi kita kesempatan untuk bangun kembali dan melaksanakan sesuatu yang kita sebut hidup.

 

Dari cerita – cerita di atas mungkin bisa jadi cerminan bagi diri kita. Mungkin kalau ditanya, sobat – sobat pernahkan berdoa kepada Allah untuk suatu permintaan, misalnya ingin lulus di universitas negeri terkenal. Sobat terus berdoa dan yakin sobat bakal lulus karna sobat pintar. Tapi ternyata keinginan sobat tak terpenuhi, sobat malah gagal untuk masuk ke Universitas impian sobat. Lalu sobat merasa bahwa Allah itu tidak adil. Masa Allah malah mengabulkan doa teman sobat yang mungkin kepintarannya di bawah sobat. Dan sobat akhirnya berburuk sangka pada Allah. Pernah seperti itu ? Kalau saya, jujur pernah. Karna saya hanyalah manusia biasa. Dulu saya seperti itu, saat masih SMP dan SMA saya nggak pernah lulus masuk sekolah negeri. Akhirnya saya ragu sama Allah, dan sampai akhirnya saya menemukan ayat ini :

“Boleh Jadi kamu membenci sesuatu, Padahal ia Amat baik bagimu, dan boleh Jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, Padahal ia Amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al-Baqarah 2:216)

Dan memang terbukti, walau saya selalu gagal masuk sekolah negeri, saya akhirnya malah lolos masuk di Perguruan Tinggi Negeri. Subhanallah, ternyata Allah punya sesuatu yang lebih baik untuk saya.

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? (Al-Ankabut 29:2)

Ketika teman – teman mengharap sesuatu pada Allah, janganlah dengan keraguan. Yakin Allah akan menjawab doa kita, bahkan sesuatu yang tidak mungkin sekalipun. Walaupun ternyata doa teman – teman tidak dengan segera di jawab Allah, yakin aja Allah sedang mempersiapkan sesuatu yang terbaik buat kita. Misal kita berharap mendapatkan jodoh yang cantik dan baik. Namun berkali – kali lamaran kita di tolak. Tetap aja berdoa dan yakinkan dalam diri “Ya, mungkin ia bukan yang terbaik bagiku. Aku yakin Allah sedang mempersiapkan yang terbaik buatku”.

Allah memberikan kita pilihan. Ketika kita berdoa, doa kita sampai padaNya. Lalu ia memberi kita ujian – ujian yang tujuannya agar kita tidak ragu atas kekuasaan Allah. Sama seperti ketika kita bermain video game. Untuk menaikkan level sang hero, kita harus berjuang melawan musuh – musuh dari yang lemah hingga terkuat. Semakin banyak musuh yang berhasil kita hadapi maka semakin besar level yang kita dapat, benar kan sobat.

Lihatlah ayat tentang janji Allah untuk hambaNya yang memohon padaNya :

Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina”. (QS: Al-Mu’min 40:60)

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran (Al-Baqarah 2: 186)

Dan juga hadist dari Rasulullah.

Rasulullah bersabda “Tidak ada seorang muslim yang menghadapkan mukanya kepada Allah untuk berdoa, kecuali Allah memberikannya (memenuhinya), kadang dipercepat dan kadang diperlambat (HR Ahmad dan Hakim)

 So, mulai sekarang jangan pernah berhenti berharap dan berdoa pada Allah. Rajin – rajin beribadah, walau mulai dari yang ringan – ringan. Dan tawakalkan diri, istiqomah, bahkan rajin – rajinlah memberi kepada orang yang membutuhkan bantuan kita, dan percayalah janji Allah itu nyata, dan Allah itu Maha Segalanya.

Tetap semangat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s